Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semarak Giat P5 tema "Suara Demokrasi" bersama kelas X

Di bulan Oktober kemaren selama dua minggu, di sekolah kita di laksanakan kegiatan P5 yaitu "PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA" bagi seluruh siswa kelas 10 saja. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 17 - 28 Oktober. Seluruh siswa kelas X dari berbagi jurusan dikelompokkan dengan teman dari kelas yang berbeda, hal itu dimaksudkan agar kita lebih bisa mengenal satu sama lain, mengingat kita ada 7 kelas dari 4 jurusan yang ada di SMKN 4 Bondowoso. Dalam kegiatan ini siswa dibagi dalam 15 kelompok dengan masing-masing kelompok di dampingi seorang guru.

Selama kegiatan P5 berlangsung kita di minta untuk bekerjasama seperti membuat kesimpulan tentang apa yang di sampaikan oleh pemateri. Hari pertama kita belajar tentang pemilu dari Team Bawaslu Kabupaten Bondowoso. Selanjutnya kita diminta untuk mencari pengertian tentang demokrasi, membuat poster, presentasi, berpartisipasi dalam pemilihan ketua OSIS. Kita juga di minta untuk membuat vidio tentang apa itu demokrasi, dan apa pendapat kita tentang demokrasi di negara kita ini. Kegiatan dikombinasikan dengan berbagai macan permainan yang menarik sehingga kita tidak merasa berat dalam mengikutinya. 

Pada hari terakhir kegiatan, seluruh kelompok diminta untuk menampilkan hasil karya mereka dalam bentuk pameran karya. Seluruh karya siswa dipajang dalam stand pameran yang dibuat menyerupai sebuah TPS saat pemilu. Kegiatan pameran ini juga dihadiri oleh Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh para siswa dan berharap kedepannya kegiatan P5 benar benar bisa menjadi sarana penanamn nilai-nilai dimensi Pancasila pada para pelajar. 

Di saat pelaksanaan P5 kita juga di hibur oleh setiap kelompok yang tampil bergantian . Ada yang menampilkan tarian, menyanyi ataupun bakat lain yang mereka punya seperti kemamouan beladiri dan lainnya.  Guru pun juga ikut menyumbang lagu untuk menghibur siswanya. 

Pelaksanaan P5 ini memang melelahkan karena kita belum terbiasa Dan ini merupakan kegiatan P5 pertama di sekolah kami. Namun banyak Hal positif yang kami dapatkan diantaranya membuat kita lebih mengenal satu sama lain, lebih akrab dari biasanya, dan bisa lebih banyak berbagi pendapat satu sama lain. Dengan ini dapat mengajarkan kita tentang kerja sama dan kekompakan untuk membangun satu tim untuk bisa melakukan pekerjaan dengan seksama dan menyelesaikan tanggung jawab bersama. Selain itu kegiatan ini juga menumbuhkan sikap lebih lebih percaya diri, membangun kemandirian Dan juga kreativitas siswa. 

(Catatan siswa X TJA 3 - Imroatul Hasanah)

Posting Komentar untuk "Semarak Giat P5 tema "Suara Demokrasi" bersama kelas X "