Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Berdemokrasi, Siswa dan Warga SMKN 4 Bondowoso Lakukan Pemilihan Ketua OSIS

Pendidikan tidak cukup hanya dalam pengajaran di dalam kelas melalui knowledge transfer dari guru kepada siswa saja. Akan tetapi pendidikan juga menyangkut penumbuhan nilai-nilai kebajikan yang harus terus secara ajeg dipupuk sehingga muncul internal motivation yang kuat pada diri siswa yang akan mengajar kuat menjadi bekal mereka kelak dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. 

Secara konsisten, sekolah diciptakan untuk bisa mewujudkan ekosistem tersebut sehingga sekolah tak ubahnya adalah diorama kecil kehidupan nyata siswa sebelum mereka terjun ke masyarakat, termasuk dalam hal kehidupan berdemokrasi dalam bingkai masyarakat bernegara. Oleh karena itu, Kamis 12 Oktober 2023 OSIS SMK Negeri 4 Bondowoso melaksanakan "Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Masak Bhakti 2023/ 2024" di aula sekolah yang diikuti oleh seluruh warga sekolah tanpa terkecuali. 



Kegiatan ini terselenggara melalui serangkaian kegiatan, termasuk pula sebelumnya sudah dilaksanakan Pendafataran Calon Ketua dan Wakil Ketua, Penetapan Paslon, Orasi dan Kampanye Paslon serta Debat Kandidat.

Kegiatan Pemungutan Suara dilaksanakan dengan sistem online, dimana setiap siswa dan warga sekolah secara bergantian melakukan pemilihan terhadap 3 Paslon yang sudah ditetapkan sebelumnya. Hasil pemungutan suara diumumkan secara langsung di akhir acara dengan live report hasil yang diperoleh masing-masing Paslon. Pada kesempatan kali ini Paslon no 3 M. Alfiansyah dan Dwi Nanda unggul dengan 48. 4 % dari total keseluruhan pemilih.

Melalui serangkaian ini, siswa diharapakan memiliki gambaran bagaimana proses demokrasi yang akan mereka jumpai kelak ketika mereka menginjakkan kami di masyarakat. Siswa diharapakan mampu memahami setiap rangkaian proses beserta tujuannya. Dan yang lebih penting, siswa diharapkan memiliki kesadaran penuh untuk ikut andil sebagai warga negara yang baik dalam menentukan masa depan bangsa mereka.



Posting Komentar untuk "Belajar Berdemokrasi, Siswa dan Warga SMKN 4 Bondowoso Lakukan Pemilihan Ketua OSIS"